Kamis, 29 Januari 2015

PARKERIAN HEXAD DAN CIA TRIAD ditinjau dari kelemahan dan keuntungan, dan contohnya

    PARKERIAN HEXAD DAN CIA TRIAD ditinjau dari kelemahan dan  keuntungan, dan contohnya !.
 
    Keuntungan PARKERIAN HEXAD adalah metode ini menggunakan setu set enam unsur keamanan informasi dimana tiga unsur diantaranya adalah unsur dari  konsep CIA TRIAD. Unsur yang ditambahkan dari CIA atau Confidentiality, Intergrity, Availability  ialah Authenticity, Prosessing or Control dan Utily. Dengan 3 tambahan tersebut praktis keamanan yang ada akan lebih baik dari pada hanya dengan CIA atau Confidentiality, Intergrity, Availability.

    Jika ditinjau dari keuntungannya, bisa dicontohkan seperti kasus berikut:  Authenticity berhubungan dengan cara untuk menyatakan bahwa informasi yang akan diakses betul-betul diakses oleh orang yang berhak. Pengaplikasian Authenticity bisa dilihat ketikakita ingin login kedalam sebuah web maka ada digital certificat yang harus diisi. Hal ini unutk memastikan bahwa user yang ingin mengakses adalah manusia dan bukan robot. Karena diasumsikan robot tidak dapat membaca tulisan yang tidak beraturan.

       Kekurangannya ialah dengan adanya 3 tamabahan dari yang sebelumnya hanay CIA dan kini menjadi 6 buah maka otomatis akan lebih komplek dan lebih rumit dalam mengelolanya.

        Keuntungan CIA TRIAD jika dibandingkan dengan PARKERIAN HEXAD tentu paling mudah dilihat dari segi penerapannya. CIA TRIAD lebih mudah dan simpel diterapkan karena standarisasi kemanan yang pertama adalah CIA TRIAD sebelum adanya PARKERIAN HEXAD. Dengan  metode yang lebih sedikit CIA TRIAD dianggap sudah mewakili prinsip-prinsip utama keamanan informasi.

      Kekurangannya ialah CIA TRIAD tidak lebih baik dari pada PARKERIAN HEXAD. Karena PARKERIAN HEXAD merupakan pendekatan terbaru yang memperluas tiga unsur asli CIA TRIAD.

     Contohnya ialah seperti perusahaan kartu kredit yang setuju untuk tidak berbagi / menjual informasi Clientnya kepada pihak ketiga. Ketika clientnya memberikan informasinya kepada perusahaan kartu kreditnya, maka sang client berharap akan kerahasiaan data mereka. Oleh karena itu, perusahaan memiliki tanggung jawab untuk menyediakannya. Konsep ini yang tidak terdapat pada CIA TRIAD.

2 komentar:

 

INFORMATIC ENGINEERING by SAYYID Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates Edited by Sayyidina |